MANAJEMEN
SDM
Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang kian
pesat, peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan semakin penting bagi badan
usaha. Kualitas sumber daya manusia organisasi sangat menentukan sukses atau
gagalnya pencapaian tujuan organisasi.
Sumber daya manusia merupakan sumber daya organisasi
yang paling vital dan diakui sebagai asset yang paling berharga bagi badan
usaha.
PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses
menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer
dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau
perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang
biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa
inggris disebut HRD atau human resource department.
Menurut A.F. Stoner
manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur
yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau
perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan
jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya
Manusia (MSDM) menurut para ahli:
1. Menurut Melayu SP. Hasibuan.
MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan
peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan
perusahaan, karyawan dan masyarakat.
2. Menurut Henry Simamora
MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan,
penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota
organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi
system perencanaan, penyusunanpersonalia, pengembangan karyawan, pengeloaan
karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus.
Model Manajemen Sumber Daya Manusia
1. Model
Klerikal
2. Model
Hukum
3. Model
Finansial
4. Model
Manjerial
5. Model
Humanistik
6. Model
Ilmu Perilaku
Aspek Pengembangan SDM
Aspek kuantitas yang
mencakup jumlah SDM yang tersedia atau penduduk,
Aspek kualitas yang
mencakup kemampuan SDM baik fisik maupun non fisik atau kecerdasan dan
mental dalam melaksanakan pembangunan.
BEBERAPA CARA YANG DILAKUKAN DALAM HAL PENGEMBANGAN
SDM
•
Melakukan pelatihan-pelatihan
•
Memberikan reward bagi karyawan yang kerjanya mencapai target yang
diberikan oleh perusahaan.
•
Meningkatkan kompetensi individu karyawan pada perusahaan tersebut
BEBERAPA TUJUAN DILAKUKANNYA PELATIHAN
•
Meningkatkan pengetahuan karyawan dalam hal budaya dan pesaing
mancanegara yang diperlukan untuk sukses di pasar internasional.
•
Membantu meyakinkan bahwa karyawan memiliki keterampilan dasar dalam teknologi
atau komputer.
•
Membantu karyawan dalam memahami bagaimana bekerja dengan efektif untuk
meningkatkan kualitas produk.
•
Menekankan budaya organisasi dalam inovasi,kreatifitas dan pembelajaran.
kesimpulan
Masalah SDM dalam suatu perusahaan
sangatlahbervariasi, maka dari itu suatu perusahaan harusmengetahui apa
kekurangan dan kelemahan dari SDMnya sendiri.
Pelatihan SDM bertujuan untuk meningkatkanskill dari
karyawan tersebut mulai dari teori, perilaku kerja, danpemikirannya.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.academia.edu/4420199/Pengembangan_Sumber_Daya_Manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar