BAB 1
Pendahuluan
Latar Belakang
Seiring
berkembangnya dunia bisnis di dunia, semakin banyak para pebisnis dan para
wirausahawan untuk semakin berkreatif menjual produk mereka, bahkan melalui
dunia digital mereka mampu membuka peluang bisnis yang menggiurkan, menjadi
kaya raya tanpa perlu menunggu rambut beruban, mereka memanfaatkan aplikasi
tersebut untuk menjual hasil produk mereka, sama seperti halnya dengan bisnis
kripik pedas maicih, yang sempat membuat heboh para remaja di Bandung bahkan di
Depok juga. Alasan inilah yang kemudian mendorong kami untuk ingin mengetahui
peluang bisnis kripik pedas maicih.
Perumusan
Masalah
Masalah
yang dibahas dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana Sejarah Maicih?
2.
Darimana
asal muasal nama maicih?
3.
Apa
alasan memilih rasa pedas?
4.
Kenapa
memilih bisnis makanan?
5.
Mengapa
memilih sosial media sebagai media pemasaran?
6.
Apa
saja yang dijual di Maicih?
7.
Berapa
harga jual yang ditawarkan?
8.
Apa
konsep jualannya?
Tujuan
Tujuan
daripada penulisan makalah ini adalah:
1. Sejarah Maicih
2.
Asal
muasal nama maicih
3.
Mengetahui
alasan memilih rasa pedas
4.
Mengetahui
alasan dari pemilihan bisnis makanan
5.
Alasan
menggunakan sosial media
6.
Mengetahui
jenis apa saja yang dijual
7.
Mengetahui
harga jual
8. Menjelaskan tentang konsep
jualan
Manfaat
Hasil
dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua
pihak,untuk mengetahui tentang bisnis maicih ini.
BAB 2
'keripik setan' bermerek Maicih menjadi ikon jajanan yang fenomenal di Bandung. Bak tersihir, saat ini banyak orang yang penasaran akan cemilan pedas yang satu ini. Sosok dibalik kesuksesan Maicih adalah Reza Nurhilman atau yang akran disapa Axl. Laki-laki berumur 25 tahun inilah yang menemukan resep keripik dari seorang nenek-nenek.Axl bertemu sosok emak-emak (Nenek-nenek ) yang memang mempunyai resep keripik lada atau keripik setan yang rasanya enak. Sosok emak-emak tersebut bukan bernama Maicih. Axl sendiri membuat nama tersebut agar lebih nyeleneh dan mudah diingat orang. Sosok emak-emak ini identik dengan ke-icihan. Dia pake selalu pakai ciput. Nama aslinya bukan Mak Icih, biar nyeleneh saja jadi beri nama Maicih. Pertemuan Axl dengan Si Emak tersebut terjadi sekitar 3 tahun lalu di daerah Cimahi. Menurut Axl, Emak tersebut tidak menjual keripik setannya secara komersil. Keripik hanya diproduksi saat momen-momen tertentu saja. Sehingga pada tahun 2010.
Kunci sukses pada bisnis yang dilakukan Axl adalah terletak pada bagaimana cara dia berfikir “out of the box” . hal ini ternyata ampuh dilakukannya terbukti dengan usaha yang ia jalani sekarang sangat menjadi bahan perbincangan di kalangan anak muda. Orang penasaran ingin mencoba apa itu maicih, yang digembar-gemborkan orang di twitter. Axl suskses karena berkat ketekunan dan keyakinan nya akan bisnis yang ia jalankan. Menjadi sukses adalah kewajiban dan hak setiap orang. Suskes tidak mungkin datang sendiri , tetapi melalui sebuah perjuangan yang gigih pantang menyerah. Suatu kegagalan itu adalah sangat wajar , orang mengalami kegagalan belum berarti dia menjadi orang yang gagal total, namun sesungguhnya ada hikmah dibalik semua itu yaitu Keberhasilan.
Pembahasan
Pada tahun 2010, Reza
Nurhilman (23) memulai kerja sama
dengan produsen keripik pedas di kota Cimahi. Kegiatan produksi keripik
pedas yang memiliki beberapa level kepedasan dan baso goreng secara komersial
sebagai industri rumah tangga. Pada awal tahun 2011, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama
CV. 29 Synergi. Reza
Nurhilman mulai memasarkan
secara Word-of-Mouth dan lewat jejaring sosial Twitter lewat akun pribadinya dengan penggunaan hashtag #maicih.
Perusahaan ini meraih
kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merek dagang Maicih pada Februari 2011 dan diliput oleh salah satu acara di Trans Tv di program
Realita Bingkai Berita. Reza Nurhilman bersama tim menggunakan akun Twitter official dari perusahaan infomaicih sebagai senjata utama pemasaran mereka.
PT. Maicih Inti Sinergi memisahkan
diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin
meningkat yang resmi didirikan pada tahun 2011 dengan
Reza Nurhilman sebagai Komisaris.
Untuk menghindari pemalsuan produk, maicih mulai dipatenkan
hak ciptanya
Nama maicih terlahir ketika Reza
masih kecil. Sewaktu Reza dibawa mamanya ke pasar, suka ada ibu-ibu tua pake
ciput dengan baju alakadarnya, setiap belanja dia mengeluarkan dompet, bonus
dari toko emas yang ada resletingnya untuk masukin uang receh. Mamanya Reza
menyebutnya itu dompet maicih.
Ketika tahun 2010 Reza menemukan
sosok yang menyerupai Maicih, ibu-ibu paruh baya yang pakaiannya tradisional.
Ternyata dia bisa bikin bumbu kripik pedas. Lalu, Reza membuat brand Maicih.
Ternyata bisa membuat orang lain suka, karena nyeleneh.
Reza
memilih rasa pedas karena memberikan efek kecanduan apalagi untuk lidah orang
Indonesia. Lagipula, produk ini sangat baik untuk kesehatan, fungsi jantung,
dan detoksifikasi. Karena, rasa pedas Maicih dari rempah pilihan dan cabe
pilihan tentunya, Maicih tidak menggunakan bahan pengawet. Tapi, tetap bisa
tahan sampai delapan bulan.
Keripik Maicih juga enak dimakan
pakai nasi, atau dicampur di lotek, mie rebus. Memang enak kalau dikombinasikan
dengan makanan-makanan lainnya.
Jika
ingin bangun usaha lebih baik fokus di bagian primer yaitu sandang, pangan,
papan. Usaha sandang sebenarnya menjanjikan tetapi di Bandung sudah banyak dan
Reza tidak punya skill disana. Selain itu, usaha sandang tidak ada repeat order
karena konsumen kalau tidak beli, ya tidak akan mati.
Kalau bisnis papan seperti rumah,
real estate, sangat menjanjikan karena setiap orang butuh tempat berteduh dan
berlindung. Tetapi, Reza tidak mempunyai modal.
Kalau dipangan, tentu sangat
menjanjikan, mau buka restoran apa saja pasti laku. Tinggal bagaimana cara
mempromosikan dan menyajikan produk yang berkualitas.
Ada
banyak alasan kenapa pemasarannya hanya melalui Twitter dan Facebook. Selain
gratis, promosi di twitter bisa jadi gong karena kekuatan marketingnya dibuat
orang-orang yang beli maicih. Orang yang belum tahu Maicih akan bertanya dan
mereka yang nge-tweet soal maicih akan antusias menjelaskan.
Mereka yang sudah merasakan Maicih
punya testimoni masing-masing. Jadi, tidak usah capek-capek promosi. dengan twitter.
Di
Maicih banyak dijual berbagai macam varian seperti:
-
Seblak
Keju maicih
-
Seblak
Original maicih
-
Basreng
Maicih
-
Gurilem
maicih
-
Keripik
Maicih Level 3
-
Kripik
Maicih Level 5
-
Keripik
Maicih 10
Harga Jual cukup bervariatif
Konsep
jualan nomaden yang dipakai, karena kalau buka toko tetap itu tidak efektif,
takutnya ketika orang dateng ke toko ingin membeli malah habis.
Jadi, awalnya masih menggunakan cash
on delivery (COD), tetapi sekarang konsepnya gentayangan, maksudnya gentayangan
disini adalah jualannya berpindah-pindah, jadi konsumen yang akan mencari-cari
dimana stand Maicih berada
terimakasih untuk sharing tentang maicih nya kebetulan saya ada tugas pengantar bisnis.amat terbantu dengan makalah anda..sekali lagi terima kasih
BalasHapusdebrian.i@gmail.com