Don't Forget to Leave Comment


Senin, 20 Januari 2014

Maicih

BAB 1
Pendahuluan



Latar Belakang
          Seiring berkembangnya dunia bisnis di dunia, semakin banyak para pebisnis dan para wirausahawan untuk semakin berkreatif menjual produk mereka, bahkan melalui dunia digital mereka mampu membuka peluang bisnis yang menggiurkan, menjadi kaya raya tanpa perlu menunggu rambut beruban, mereka memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menjual hasil produk mereka, sama seperti halnya dengan bisnis kripik pedas maicih, yang sempat membuat heboh para remaja di Bandung bahkan di Depok juga. Alasan inilah yang kemudian mendorong kami untuk ingin mengetahui peluang bisnis kripik pedas maicih.





Perumusan Masalah
          Masalah yang dibahas dalam makalah ini adalah:
1.    Bagaimana Sejarah Maicih?
2.    Darimana asal muasal nama maicih?
3.    Apa alasan memilih rasa pedas?
4.    Kenapa memilih bisnis makanan?
5.    Mengapa memilih sosial media sebagai media pemasaran?
6.    Apa saja yang dijual di Maicih?
7.    Berapa harga jual yang ditawarkan?
8.    Apa konsep jualannya?









Tujuan
          Tujuan daripada penulisan makalah ini adalah:
1.    Sejarah Maicih
2.    Asal muasal nama maicih
3.    Mengetahui alasan memilih rasa pedas
4.    Mengetahui alasan dari pemilihan bisnis makanan
5.    Alasan menggunakan sosial media
6.    Mengetahui jenis apa saja yang dijual
7.    Mengetahui harga jual
8.    Menjelaskan tentang konsep jualan



Manfaat
          Hasil dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak,untuk mengetahui tentang bisnis maicih ini.















BAB 2

           
'keripik setan' bermerek Maicih menjadi ikon jajanan yang fenomenal di Bandung. Bak tersihir, saat ini banyak orang yang penasaran akan cemilan pedas yang satu ini. Sosok dibalik kesuksesan Maicih adalah Reza Nurhilman atau yang akran disapa Axl. Laki-laki berumur 25 tahun inilah yang menemukan resep keripik dari seorang nenek-nenek.Axl bertemu sosok emak-emak (Nenek-nenek )  yang memang mempunyai resep keripik lada atau keripik setan yang rasanya enak. Sosok emak-emak tersebut bukan bernama Maicih. Axl sendiri membuat nama tersebut agar lebih nyeleneh dan mudah diingat orang. Sosok emak-emak ini identik dengan ke-icihan. Dia pake selalu pakai ciput. Nama aslinya bukan Mak Icih, biar nyeleneh saja jadi beri nama Maicih. Pertemuan Axl dengan Si Emak tersebut terjadi sekitar 3 tahun lalu di daerah Cimahi. Menurut Axl, Emak tersebut tidak menjual keripik setannya secara komersil. Keripik hanya diproduksi saat momen-momen tertentu saja. Sehingga pada tahun 2010.
Kunci sukses pada bisnis yang dilakukan Axl adalah terletak pada bagaimana cara dia berfikir “out of the box” . hal ini ternyata ampuh dilakukannya terbukti dengan usaha yang ia jalani sekarang sangat menjadi bahan perbincangan di kalangan anak muda. Orang penasaran ingin mencoba apa itu maicih, yang digembar-gemborkan orang di twitter. Axl suskses karena berkat ketekunan dan keyakinan nya akan bisnis yang ia jalankan. Menjadi sukses adalah kewajiban dan hak setiap orang. Suskes tidak mungkin datang sendiri , tetapi melalui sebuah perjuangan yang gigih pantang menyerah. Suatu kegagalan itu adalah sangat wajar , orang mengalami kegagalan belum berarti dia menjadi orang yang gagal total, namun sesungguhnya ada hikmah dibalik semua itu yaitu Keberhasilan.


Pembahasan
            Pada tahun 2010Reza Nurhilman (23) memulai kerja sama dengan produsen keripik pedas di kota Cimahi. Kegiatan produksi keripik pedas yang memiliki beberapa level kepedasan dan baso goreng secara komersial sebagai industri rumah tangga. Pada awal tahun 2011, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama CV. 29 Synergi. Reza Nurhilman mulai memasarkan secara Word-of-Mouth dan lewat jejaring sosial Twitter lewat akun pribadinya dengan penggunaan hashtag #maicih.
Perusahaan ini meraih kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merek dagang Maicih pada Februari 2011 dan diliput oleh salah satu acara di Trans Tv di program Realita Bingkai BeritaReza Nurhilman bersama tim menggunakan akun Twitter official dari perusahaan infomaicih sebagai senjata utama pemasaran mereka.
PT. Maicih Inti Sinergi memisahkan diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin meningkat yang resmi didirikan pada tahun 2011 dengan Reza Nurhilman sebagai Komisaris. Untuk menghindari pemalsuan produk, maicih mulai dipatenkan hak ciptanya
            Nama maicih terlahir ketika Reza masih kecil. Sewaktu Reza dibawa mamanya ke pasar, suka ada ibu-ibu tua pake ciput dengan baju alakadarnya, setiap belanja dia mengeluarkan dompet, bonus dari toko emas yang ada resletingnya untuk masukin uang receh. Mamanya Reza menyebutnya itu dompet maicih.
Ketika tahun 2010 Reza menemukan sosok yang menyerupai Maicih, ibu-ibu paruh baya yang pakaiannya tradisional. Ternyata dia bisa bikin bumbu kripik pedas. Lalu, Reza membuat brand Maicih. Ternyata bisa membuat orang lain suka, karena nyeleneh.
          Reza memilih rasa pedas karena memberikan efek kecanduan apalagi untuk lidah orang Indonesia. Lagipula, produk ini sangat baik untuk kesehatan, fungsi jantung, dan detoksifikasi. Karena, rasa pedas Maicih dari rempah pilihan dan cabe pilihan tentunya, Maicih tidak menggunakan bahan pengawet. Tapi, tetap bisa tahan sampai delapan bulan.
Keripik Maicih juga enak dimakan pakai nasi, atau dicampur di lotek, mie rebus. Memang enak kalau dikombinasikan dengan makanan-makanan lainnya.
          Jika ingin bangun usaha lebih baik fokus di bagian primer yaitu sandang, pangan, papan. Usaha sandang sebenarnya menjanjikan tetapi di Bandung sudah banyak dan Reza tidak punya skill disana. Selain itu, usaha sandang tidak ada repeat order karena konsumen kalau tidak beli, ya tidak akan mati.
Kalau bisnis papan seperti rumah, real estate, sangat menjanjikan karena setiap orang butuh tempat berteduh dan berlindung. Tetapi, Reza tidak mempunyai modal.
Kalau dipangan, tentu sangat menjanjikan, mau buka restoran apa saja pasti laku. Tinggal bagaimana cara mempromosikan dan menyajikan produk yang berkualitas.
          Ada banyak alasan kenapa pemasarannya hanya melalui Twitter dan Facebook. Selain gratis, promosi di twitter bisa jadi gong karena kekuatan marketingnya dibuat orang-orang yang beli maicih. Orang yang belum tahu Maicih akan bertanya dan mereka yang nge-tweet soal maicih akan antusias menjelaskan.
Mereka yang sudah merasakan Maicih punya testimoni masing-masing. Jadi, tidak usah capek-capek promosi. dengan twitter.
         

          Di Maicih banyak dijual berbagai macam varian seperti:
-       Seblak Keju maicih
-       Seblak Original maicih
-       Basreng Maicih
-       Gurilem maicih
-       Keripik Maicih Level 3
-       Kripik Maicih Level 5
-       Keripik Maicih 10

Harga Jual cukup bervariatif
         

          Konsep jualan nomaden yang dipakai, karena kalau buka toko tetap itu tidak efektif, takutnya ketika orang dateng ke toko ingin membeli malah habis.

Jadi, awalnya masih menggunakan cash on delivery (COD), tetapi sekarang konsepnya gentayangan, maksudnya gentayangan disini adalah jualannya berpindah-pindah, jadi konsumen yang akan mencari-cari dimana stand Maicih berada

1 komentar:

  1. terimakasih untuk sharing tentang maicih nya kebetulan saya ada tugas pengantar bisnis.amat terbantu dengan makalah anda..sekali lagi terima kasih

    debrian.i@gmail.com

    BalasHapus