NAMA : Ni Putu Pera Darma Yanti
KELAS : 2EB01
NPM : 25212295
MATA KULIAH : EKONOMI KOPERASI (Softskill)
TUGAS : Wawancara Koperasi
Sehubungan dengan
tugas matakuliah Ekonomi Koperasi (softskill) yang diberikan oleh Ibu
Sulastri mengenai wawancara koperasi. Kami sekelompok akan berdiskusi tentang
koperasi yang akan kami kunjungi. Dan koperasi yang saya kunjungi yaitu “
PRIMER KOPERASI MITRA MAJU JAYA” . Sehingga saya bersama teman saya langsung
menuju lokasi tempat koperasi tersebut. Dan didapatkan data wawancara sebagai
berikut :
Hari :
Jum’at
Tanggal :
08 November 2013
Alamat :
Jl Jend.sudirman Kav.55 No. - Rt. /
|
Kel : Senayan, Kec : Kebayoran Baru, JAKARTA
SELATAN
DKI JAKARTA - INDONESIA 12190 |
No.Telepon : (021)5234232
(021)532442
1. Sejarah berdirinya
Primer Koperasi Mitra Maju Jaya
Primkoppol Metro Jaya
didirikan pada tanggal 28 Agustus 1961 dengan badan hukum No. 1121 A/1967. Pada
saat itu yang dipercayakan untuk memimpin rapat pendirian adalah:
1.
Bpk. A. Rifaihadin
2.
Bpk. Sidik
3.
Bpk. Abdul Haris
Pada waktu pertamakali
berdirinya Primkop Polda Metro Jaya bernama:“Koperasi Simpan Pinjam
Komdak VII Jaya.”
Sesuai dengan
perkembangan dan struktur organisasi, maka Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII
Jaya diubah menjadi "Primkoppak (Primer Koperasi Angkatan Kepolisian)." Perubahan
ini dilakukan pada tahun 1965 dengan disusun organisasi koperasi sbb:
·
Inkopak (Induk Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat
Propinsi/Polda.
·
Gakopak (Gabungan Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat
Propinsi/Polda.
·
Puskopak (Pusat Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat
Keresidenan/Polwil.
·
Primkoppak (Primer Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat
Kabupaten/Polres.
Pada tahun 1975,
Angkatan Kepolisian berganti nama menjadi Kepolisian Negara. Oleh karena itu,
organisasi koperasi mengalami perubahan menjadi Koppol dengan susunan sbb:
·
Inkoppol Tingkat Nasional/Mabes.
·
Puskoppol Tingkat Propinsi/Polda.
·
Primkoppol Tingkat Kabupaten/Polres.
Dengan adanya
perubahan-perubahan tersebut, maka Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya
akhirnya berganti nama menjadi "Primer Koperasi Kepolisian
Daerah Metro Jaya" atau disingkat "Primkop
Polda Metro Jaya" sampai tahun 2009. Kemudian pada tanggal 2
Juli 2009, Primer Koperasi Kepolisian Daerah Mero Jaya berganti nama menjadi "Primer
Koperasi Motra Maju Jaya."
Lokasi koperasi ini pun berada di Jalan Jendral Sudirman No.55, Jakarta Selatan atau tepatnya berada dikantor kepolisian Polda Metro Jaya. Alasan mengapa disediakan koperasi ini yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota personil Polri/Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta sebagai alat/sarana untuk pengembangan kegiatan di lingkungan Polri.
Lokasi koperasi ini pun berada di Jalan Jendral Sudirman No.55, Jakarta Selatan atau tepatnya berada dikantor kepolisian Polda Metro Jaya. Alasan mengapa disediakan koperasi ini yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota personil Polri/Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta sebagai alat/sarana untuk pengembangan kegiatan di lingkungan Polri.
2. Jenis Usaha Koperasi
Jenis usaha yang berjalan antara lain:
·
Simpan Pinjam (anggota Polri dan PNS)
dengan bunga 1%/bulan
Sumber dana nyayaitu:
a)
Simpanan Pokok : sebesar Rp
30.000,-
b)
Simpanan Wajib : sebesar Rp 50.000,-
·
ART (Alat Rumah Tangga) &
Elektronik
·
Sandang dan Pecah Belah, dan
·
Pangan
Pengurus
Ketua : Kompol
Ratnawati
Sekretaris : Penda. Marsudi
Widagda
Bendahara : AKP. Lus
Triningsi
Keanggotaan
Polri : 3543 orang
PNS :369 orang
3. Keterangan & Cara Pengembalian Pinjaman
·
Usaha simpan pinjam, yaitu pinjaman
dari simpanan. Jasa pinjaman ialah 1% dari pokok pinjaman. Maksimum pinjaman
yang dikeluarkan adalh Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Pengembalian
pinjaman dapat diangsur selama36 bulan atau 3 tahun dengan dipotong dari gaji utama.
·
Untuk unit ART & Elektronik;
sandang & pecah belah; dan pangan, pembelian dapat dilakukan dengan cara
kredit atau kontan. Apabila anggota membeli barang secara kredit, maka
pembayarannya dapat dipotong dari gaji anggota tersebut.
- Kendala-kendala
yg dihadapi
-
semua bisa terlayani dengan baik
-
angsuran pinjaman belum selesai, tetapi sudah ada
di pindah tugas ke daerah
- Solusi
Lebih baik
antara pengurus koperasai dengan peminjam uang selalu ada komunikasi yg baik,
dikarenakan apabila si peminjam uang tersebut di pindah tugas ke daerah,
pengurus koperasi masih bisa menagih angsuran kepada si peminjam uang dan dapat dikembalikan melalui e-banking.
- Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari
reportase tersebut yaitu:
·
Secara umum, Primkop Mitra Maju Jaya dapat memberikan pelayanan
kepada anggota secara cepat dan pengadaan barang sesuai dengan kebutuhan
pesanan.
·
Pemberian pinjaman uang kepada anggota dapat dipenuhi sesuai
kemampuan yang dimiliki oleh koperasi.
·
Kegiatan usaha dapat berjalan dengan baik, dan biaya dapat
diperkecil.
- Saran
1. Untuk meningkatkan pelayanan maka
perlu adanya ruangan usaha yang memadai.
2. Peran serta anggota sangat diharapkan guna memajukan usaha koperasi.
3. Keramahan perlu ditingkatkan
2. Peran serta anggota sangat diharapkan guna memajukan usaha koperasi.
3. Keramahan perlu ditingkatkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar