Don't Forget to Leave Comment


Jumat, 08 November 2013

Wawancara Koperasi

NAMA                        : Ni Putu Pera Darma Yanti
KELAS                       : 2EB01
NPM                           : 25212295
MATA KULIAH       : EKONOMI KOPERASI (Softskill)
TUGAS                         : Wawancara Koperasi



Sehubungan dengan tugas matakuliah Ekonomi Koperasi (softskill) yang diberikan oleh Ibu Sulastri mengenai wawancara koperasi. Kami sekelompok akan berdiskusi tentang koperasi yang akan kami kunjungi. Dan koperasi yang saya kunjungi yaitu “ PRIMER KOPERASI MITRA MAJU JAYA” . Sehingga saya bersama teman saya langsung menuju lokasi tempat koperasi tersebut. Dan didapatkan data wawancara sebagai berikut :
Hari                 : Jum’at
Tanggal           : 08 November 2013
Alamat            :
Jl Jend.sudirman Kav.55 No. - Rt. /
Kel : Senayan, Kec : Kebayoran Baru, JAKARTA SELATAN
DKI JAKARTA - INDONESIA 12190
No.Telepon     : (021)5234232
                          (021)532442

1. Sejarah berdirinya Primer Koperasi Mitra Maju Jaya
Primkoppol Metro Jaya didirikan pada tanggal 28 Agustus 1961 dengan badan hukum No. 1121 A/1967. Pada saat itu yang dipercayakan untuk memimpin rapat pendirian adalah:
1.                  Bpk. A. Rifaihadin
2.                  Bpk. Sidik
3.                  Bpk. Abdul Haris
Pada waktu pertamakali berdirinya Primkop Polda Metro Jaya bernama:“Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya.”
Sesuai dengan perkembangan dan struktur organisasi, maka Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya diubah menjadi "Primkoppak (Primer Koperasi Angkatan Kepolisian)." Perubahan ini dilakukan pada tahun 1965 dengan disusun organisasi koperasi sbb:
·                     Inkopak (Induk Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat Propinsi/Polda.
·                     Gakopak (Gabungan Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat Propinsi/Polda.
·                     Puskopak (Pusat Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat Keresidenan/Polwil.
·                     Primkoppak (Primer Koperasi Angkatan Kepolisian) Tingkat Kabupaten/Polres.
Pada tahun 1975, Angkatan Kepolisian berganti nama menjadi Kepolisian Negara. Oleh karena itu, organisasi koperasi mengalami perubahan menjadi Koppol dengan susunan sbb:
·                     Inkoppol Tingkat Nasional/Mabes.
·                     Puskoppol Tingkat Propinsi/Polda.
·                     Primkoppol Tingkat Kabupaten/Polres.
Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, maka Koperasi Simpan Pinjam Komdak VII Jaya akhirnya berganti nama menjadi "Primer Koperasi Kepolisian Daerah Metro Jaya" atau disingkat "Primkop Polda Metro Jaya" sampai tahun 2009. Kemudian pada tanggal 2 Juli 2009, Primer Koperasi Kepolisian Daerah Mero Jaya berganti nama menjadi "Primer Koperasi Motra Maju Jaya."

Lokasi koperasi ini pun berada di Jalan Jendral Sudirman No.55, Jakarta Selatan atau tepatnya berada dikantor kepolisian Polda Metro Jaya. Alasan mengapa disediakan koperasi ini yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota personil Polri/Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta sebagai alat/sarana untuk pengembangan kegiatan di lingkungan Polri.

2. Jenis Usaha Koperasi
Jenis usaha yang berjalan antara lain:
·                     Simpan Pinjam (anggota Polri dan PNS) dengan bunga 1%/bulan
Sumber dana nyayaitu:
a)    Simpanan Pokok : sebesar Rp 30.000,-
b)    Simpanan Wajib : sebesar Rp 50.000,-
·                     ART (Alat Rumah Tangga) & Elektronik
·                     Sandang dan Pecah Belah, dan
·                     Pangan

Pengurus
Ketua                    : Kompol Ratnawati
Sekretaris           : Penda. Marsudi Widagda
Bendahara          : AKP. Lus Triningsi

Keanggotaan
Polri      : 3543 orang
PNS        :369 orang

3. Keterangan & Cara Pengembalian Pinjaman
·                     Usaha simpan pinjam, yaitu pinjaman dari simpanan. Jasa pinjaman ialah 1% dari pokok pinjaman. Maksimum pinjaman yang dikeluarkan adalh Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Pengembalian pinjaman dapat diangsur selama36 bulan atau 3 tahun  dengan dipotong dari gaji utama.
·                     Untuk unit ART & Elektronik; sandang & pecah belah; dan pangan, pembelian dapat dilakukan dengan cara kredit atau kontan. Apabila anggota membeli barang secara kredit, maka pembayarannya dapat dipotong dari gaji anggota tersebut.

  1. Kendala-kendala yg dihadapi
-      semua bisa terlayani dengan baik
-      angsuran pinjaman belum selesai, tetapi sudah ada di pindah tugas ke daerah
  1. Solusi
Lebih baik antara pengurus koperasai dengan peminjam uang selalu ada komunikasi yg baik, dikarenakan apabila si peminjam uang tersebut di pindah tugas ke daerah, pengurus koperasi masih bisa menagih angsuran kepada si peminjam uang dan dapat dikembalikan melalui e-banking.

  1.  Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari reportase tersebut yaitu:
·                     Secara umum, Primkop Mitra Maju Jaya dapat memberikan pelayanan kepada anggota secara cepat dan pengadaan barang sesuai dengan kebutuhan pesanan.
·                     Pemberian pinjaman uang kepada anggota dapat dipenuhi sesuai kemampuan yang dimiliki oleh koperasi.
·                     Kegiatan usaha dapat berjalan dengan baik, dan biaya dapat diperkecil.

  1. Saran
1. Untuk meningkatkan pelayanan maka perlu adanya ruangan usaha yang memadai.
2. Peran serta anggota sangat diharapkan guna memajukan usaha koperasi.
3. Keramahan perlu ditingkatkan

Surat keterangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar